Tuesday, October 9, 2012

Selamat, Anda Seorang Traveler !

Gue adalah orang yang gila filosofi atau quotes2 keren.
Dan baru kali ini, ada satu quotes yang bener2 efeknya dahsyat banget buat gue.
"A jouney of a thousand miles must begin with a single step."
Simpel. Satu kalimat doang. Pendek pula. Tapi sumpah ini quote ngerubah hidup gue banget. Quote dari Lao Tzu seorang filsuf cina yang ngedeskripsikan sebuah perjalanan, atau traveling ini, tiba-tiba nyihir gue buat ngerubah jalan hidup gue dari yang cwe biasa2 aja menjadi seorang TRAVELER.
Bener kata Lao Tzu, perjalanan hebat itu dimulai dari langkah pertama. Dan gue, udah memulai langkah pertama gue di Borneo ini, yang bikin gue jadi sangat jatuh cinta sama alam dan petualangannya. Oke, sebenernya, gue udah mulai langkah pertama gue 5 bulan yang lalu, dan puncak pemicunya adalah pada sebulan yang lalu. Apa yang terjadi pada 5 bulan yang lalu?? Gue ikutan nekat-nekatan liburan ke Pulau Tidung. Bagaimana ceritanya dan apa yang gue dapetin dari perjalanan gue itu gue bahas lain kali ya. Sekarang kita fokus ke hobi baru traveling gue ini aja ya hahaha. Dan sebulan yang lalu, nah ini lah yang bener2 jadi titik tolak kecanduan gue sama jalan-jalan, gue terbang ke Bangka. Iya Bangka, Pulau Bangka. Keren kan?? Tau doong pastinya gimana indahnya di sana?? Nanti nanti gue ceritain dan gue uplodin foto2nya hahaha

So what I wanna to say here is...

I love traveling.
Why?
"Because traveling it is the only thing that I buy for it, but it makes me richer."
Banyak banget hal, yang gak bisa lo dapetin di bangku sekolahan, tapi bisa lo dapetin hanya dengan sehari lo menjelajah ke tempat yang belom pernah lo dapetin sama sekali. Jujur, traveling emang ngabisin duit. Tapi, untuk pertama kalinya, gue gak ngerasa nyesel dengan kehilangan duit gue yang gue gunain buat ongkos perjalanan gue. Rasanya sangat jauh beda dibanding lo ngabisin duit dengan jumlah yang sama tapi untuk beli sepasang sepatu mahal. Habis duit buat traveling itu rasa puasnya  beda, gak bisa digantikan dengan apapun.
Dan bener juga kalo Nabi Muhammad pernah bersabda :
"Don't tell me how much educated you are, but tell me how much you travelled."
Bahkan Islam pun mengajarkan umatnya untuk hijrah, untuk berpindah-pindah, melakukan perjalanan, memulai sesuatu yang baru, menebar kebaikan di sana, dan kembali ke rumah atau melanjutkan langkah lagi ke tempat berikutnya. Intinya, don't just stay in a  line.
"A ship is safe in the harbor, but that's not what ships are built for."
Luar biasa sekali makna quotes di atas barusan. Sebuah kapal memang aman jika di pelabuhan, tapi itu bukan gunanya kapal dibuat kan? Yah, kapal berfungsi untuk berlayar, karena itu dia harus berlayar. Manusia pun sama, mereka diciptakan sebagai khilafah di bumi, oleh karena itu berkelanalah. Temukan apa yang tak bisa kau temukan jika kau hanya berdiam diri di rumah, atau terpaku pada rutinitas sehari-hari. Ambil waktu, tak perlu lama, hanya untuk sekedar berjalan-jalan. Tak perlu jauh. Dan jika kau tak tau harus kemana, ikuti saja kemana hatimu ingin kau melangkah.
“A good traveler has no fixed plans and is not intent on arriving.”
 Yang penting, dimana ada kemauan, di situ ada jalan. Man Jadda Wajadda. Ayo beranikan diri. Alam tidak akan menyakitimu jika kau tak menyakiti mereka. Bersikap positiflah, ambil ranselmu, dan mulai langkah pertamamu dari sekarang!
"Without new experiences, something inside of us sleeps. The sleeper must awaken."
Nunggu apalagi sih? Ayo mulai jalan-jalan! Nikmatilah harimu! Kumpulkan cerita perjalananmu sebanyak-banyaknya! Kasian kan ntar anak dan cucu kalian kalo orang tua mereka ternyata tidak punya cerita seru apapun untuk diceritakan ke mereka? Tapi ingat pulang ya! Jangan keasikan jalan2nya jadi ga ingat rumah! Tau ga sih apa makna sebenernya traveling? Ini bukan quotes dari siapapun, ini murni makna yang gue dapetin setelah perjalanan gue selama ini.
"You go out for searching what do you want, but then you find it at home."
Entah apakah bagi kalian sama dan berlaku juga, hehe we don't know. Makanya temukan arti perjalananmu sendiri! Dan nanti kita sharing pengalaman masing2! It really gonna be fun!

Oke deh, smoga suatu waktu kita bisa bertemu di suatu tempat di luar sana ya!



Salam traveler !








4 comments:

sensor parkir mobil said...

thx just information...

Anonymous said...

Agree with u..i wish i will

Unknown said...

izin share yaaaaa :)

Hani Novitasari said...

Menurut gua, travelling itu jatuh cinta yang paling indah. And I’m falling too deep with that. I agree with you :) salam.