Saturday, October 6, 2012

Hari Pertama Di Borneo Part 1

Hari itu tepat tanggal 17 September 2012.
Tanggal biasa memang, tapi hari itulah hal yang paling luar biasa dalam hidup gue terjadi. Titik baru kehidupan gue, perjalanan gue, dimulai dari hari itu. Hari dimana gue berangkat ke Borneo.
Pesawat Jakarta (CGK) menuju Pangkalanbun (PKN), Kalteng berangkat pukul 09.45. Lumayan bikin gue grusak-grusuk pagi hari di rumah karena yah kalian taulah, Jakarta, derita macetnya tiada akhir... *peres kain pel*

Bokap gue yang paling super rela bangun pagi2 buat jadi superhero dadakan anak gadisnya ini. 
Gue : *shock liat papa ganti baju* Papa mau nganterin dewi??
Papa : Iya dong, masa kamu mau berangkat rantau papa ga nganter
Gue : Asiik, sampe bandara pa?? Naik apa? Pinjem mobil Mama Evi ya? (nama tetangga)
Papa : Ya nggalah, sampe damri. Manja kamu.
Gue : -___-

Kadang suka heran, dibandingin seluruh bokap temen2 cwe gue, kagak ada dah yang ngelepas anak gadisnya SELEPAS bokap gue ini. Ini gue mau ke Kalimantan lho sodara-sodara! Untuk sebulan lebih lamanya! Bisa bayangkan kan gimana reaksi bokap gue klo gue cuma pamit main di daerah rumah? Sama aja kaya lo ketika di kelas minta ijin ke wc ama guru. Ga mungkin ga dibolehin, dan malah dijawab dengan lambaian tangan, "yaudah sana, jangan lupa cebok ya!"
Cinta mati banget dah ama bokap gue.

Oke weeeell, back to topic. .

Gue sampe bandara kepagian. Jam 07.00. Pesawat jam berapa tadi? 09.45. Yak sempurna sekali. Lumayan gue bisa olahraga ngepel lantai bandara 2 setengah jam *peres kain pel*
Gue sebenernya ga begitu masalah disuruh nunggu. Tapi kenapa kali ini bermasalah adalah : gue laper. Kaga sempet sarapan gara2 takut kemacetan dan taunya malah kepagian, bikin gue jadi bete. 
Biasanya gue hobi ngajak orang kanan/kiri gue ngobrol, apalagi bule. Tapi ya berhubung gue udah terlanjur bete jadinya gue diem aja dah sambil ngeliatin pesawat datang dan pergi silih berganti.

Akhirnya naik ke pesawat. Dengan doa dalam hati khas jomblo, "Semoga samping gue cowok cakep, amiin"
Sumpah lho gue doa kaya gitu, bukannya doa minta selamat. hahaha *maapin aku Ya Alloh*

Dan jreng jreng
Beneran cowok sih kiri kanan. Tapi yang satu samping jendela lekong-lekong, dan yang satu lagi bapak-bapak nyaris bisa disebut opa lah. -____-
Dengan menghembuskan nafas, gue duduk di tengah mereka.
Everything's going fine. Sampe akhirnya mereka berdua tertidur. Si lekong-lekong tidur dengan mulut menganga. Oke ga masalah. Gue cuma ga perlu ngeliat dia kan? Dan si bapak-bapak, yak dia ini yg masalah2, karena dia NGOROK.
Dan gue jd ga bisa tidur. Terkutuklah kau bapak-bapak mini yang duduk samping gue di pesawat!

Pesawat pun mendarat. Wuhuuuu sampe juga lu wiii di Kalimantan!!! 
Girang abis gue sumpah.
Saking girangnya, gue langsung nelepon sopir yang ngangkut gue dari bandara.
"Ohya mba, saya di depan. Pake baju coret-coret ya!"
Dalam hati bingung, hah? Coret-coret? Buset, di Kalimantan gaya bajunya begitu?
Tapi pas gue liat di bagian arrival, ga ada yang pake baju corak coret-coret. Coret-coret di Kalimantan tuh kaya gimana sih?? *mulai setres*
Tiba-tiba ada seorang mas-mas yang datengin gue, tapi dengan baju garis-garis. Gue langsung waspada. Ga lucu dong klo baru sampe tanah orang gue udah diculik ?
"Mbak dewi ya?? Saya Mas Anto, Mbak"
"Lho katanya pake baju coret-coret?"
"Iya ini kan coret-coret, Mbak. Coret-coret garis."
"Oh.. yayaya" *mencoba senyum ramah padahal mules*
"Wah Mbak dewi cuma bawa ransel aja? Dikit ya bawaannya."
"Ngga, saya bawa.... KOPER GUE !" *ngibrit lari lagi ke dalem bandara*

Mas Anto puas banget ngetawain gue. Tapi baguslah, karena suasana jadi cair lebih mudah jika kalian sudah tertawa bersama dengan lawan bicara anda.
Kita ke mobil. Dan sampai di mobil ternyata di kursi depan udah duduk seseorang.
"Mbak dewi, kenalin ini  Pak Manaf, orang plant juga."
Dan pas bapak-bapak itu nengok ke gue, jiaaahhh itu bapak-bapak mini yang ngorok dan duduk samping gue !!
"Lah kamu?? Wah tau gitu tadi kita di pesawat ngobrol ya! Saya ngantuk sekali jadi tertidur. Kamu tidur?"
"Hehe ngga pak, saya ngga bisa tidur di pesawat." (yaelaaah gara-gara dengkuran elu)
"Pak Manaf ini Kepala Teknik Tambang kita lho, Mbak dewi."
Lemes. Yak. Dan gue tadi udah terlanjur mengutuk dia, yg ternyata KTT di tempat gue kerja. Bagus.

Mobil pun melaju. Gue pun mengalihkan pandangan ke jalanan. Pemandangannya ga begitu beda ama desa-desa di pulau jawa. Ga begitu rame, ga begitu sepi. Hoo gini toh Kalimantan...
Mobil berhenti. "yak, kita sampe di mess." kata Mas Anto
"Lah koq cepet banget? Katanya jauh?" tanya gue
"Hahaha ini mess singgah di pangkalanbun, kalo saya mesti nganter kamu ke plant, modar saya hahaha."

Dengan tampang cengo gue masukin mess.
Cewe berusia 25an yang nyambut gue. Ramah. Trus gue dikenalin ama orang-orang penghuni mess itu. Ada 2 cewe, 2 cwo termasuk Mas Anto, dan seorang bule yang gede banget. Yang lainnya lagi pada keluar katanya.
Ternyata itu mess singgah buat semua karyawan yang emang lagi berangkat/pulang bandara. Tapi mess itu juga seperti "penjembatani" plant yang di pangkut dengan dunia luar, atau jakarta. Kalo ada kebutuhan-kebutuhan di plant seperti sembako, tabung gas, sabun, atau alat-alat perkantoran seperti kertas, tinta printer, dan bahan-bahan kimia kebutuhan lab, semua diurusnya di sini. Kalo ada perlu kirim-kirim barang atau surat-surat dari/ke jakarta pun lewat sini semua. Karena kantor pos, warung-warung lengkap gitu adanya cuma di Pangkalanbun ini.
Di Pangkut, ga akan ada. Karena sekeliling lo adalah HUTAN BELANTARA. hahahaha

Mau tau gimana serunya perjalanan gue dari Pangkalanbun menuju Site Pangkut ?

Tunggu besok yaaah, mata sepet euy hahaha

Karena 1000 mil perjalanan baru dalam hidupmu, dimulai dari langkah pertama. 

No comments: