Sunday, October 7, 2012

Hari Pertama di Borneo Part 2

Okeh, kita lanjutkan cerita yang kemarin.
Sampe mana kemarin? Oh sampe gue ngaso2 di mess singgah Pangkalanbun ya?
Iya, gue ngaso2 tuh.. makan siang, sholat, trus ngobrol2 sama "ibu-ibu" di ruang makan. Sementara bapak-bapak ngobrol di ruang tengah, bersama bule gede tadi. Sedikit nguping mereka ngomongnya pake bahasa inggris campur-campur indo campur jawa. Lah?
"Orang kantoran Ensbury ga ada yang orang kalimantan asli Mbak, semuanya rantau, kebanyakan dari jawa." jelas Bu Rini, pengurus mess situ ngeliat gue ngelirik-ngelirik mulu ke arah bapak-bapak.
Oh gitu toh... pantesan.
"Mr.Peter itu udah 10 taun di indo Mbak, istrinya orang Jawa."
"Mr.Terry, yang punya Ensbury, juga istrinya orang indo Mbak, orang Indramayu."
Waw. Hebat bener yak tuh orang-orang bule. Hijrah dari negaranya ke negara kita bawa dolar yang banyak, trus kawin ama orang kita, trus bikin perusahaan tambang emas dan ngeruk tanah indonesia seenak perutnya.  Trus kaya raya lagi. Trus memperkerjakan orang-orang negara kita jadi buruhnya, dan termasuk gue.
Tapi, ngeliat orang asing ngomong bahasa inggris dengan fasih depan gue gini, gue mau ga mau senyum sendiri juga. Dari dulu, gue pengen banget bisa kerja di perusahaan asing, supaya bahasa inggris gue bisa kepake. Eh, ternyata kesampean juga. Yah, meski bulenya ga bener2 bule dan ngomongnya udah medok jawa, gapapalah.. Tetep aja ini merupakan peningkatan dibanding gue di pulogadung, yang orang2nya kalo gue nyanyi lagu inggris aja pada tutup kuping karena pusing. Bukan karena suara gue jelek hoy! Gara2 mereka ga ngerti bahasanya. Ckckckck. 

Jam menunjukkkan pukul 02.00 pm. Akhirnya gue, Pak Manaf, sama Mas Anto siap2 melanjutkan perjalanan lagi. Oke deh, cepetan dong, gue udah penasaran gila mau liat site-nya tuh kaya apa sih. Tapi ternyata rasa penasaran gue harus gue tahan. Kita ga langsung meluncur ke Pangkut, tapi ke pusat kota pangkalanbun dulu, belanja. Buat nyetok di mess Pangkut. Jadi si Mas Anto riweuh dah berhenti2in mobil dari toko satu ke toko lain. Beli beras, sembako, mie sedus di toko kelontong, trus ke toko material beli bohlam dan gulungan kabel, ke apotik beli obat-obatan, terakhir beli gas di agen LPG.
Wew. Segitu HUTANNYAKAH pangkut? Hanya itu kalimat yang bisa gue tanyakan dalam hati gue.
Kelar belanja, mobil melaju lagi. Pemandangan kiri kanan masih biasa, pedesaan yang tenang. Tapi satu kesan yang gue tangkep, Borneo ga panas2 amat koq, orang2 bilang di sini panas dan gersang banget, tapi menurut gue, sama aja ama Jakarta. Apa karena gue di dalem mobil AC ya? Hahaha
"Tidur aja Mbak dewi, masih jauh skali lho. 1 jam jalan aspal, 2 jam jalan tanah."
"Jalan tanah?"
"Iya, udah masuk daerah pertambangan. Jadi jalanannya masih tanah. Nanti tuker mobil sama mobil site, kalo pake mobil ini mah ga kuat ngelewatin medan jalan yang kaya gitu."

UWOW. Gila wi, kehidupan baru lo bener2.... AWESOME
Bener2 jadi anak utan lo, wi ! Medan perang yang keras menanti lo! Keren bray! Selamat yak! Wuhuu!

Mobil tiba2 berhenti di sebuah kedai makan. Jadi ini ternyata spot "barter"nya. Tapi mobil yang dari site masih on the way, berarti kita ngopi2 dulu di dalam sambil nunggu. Mantap. Kopi pertama gue di tanah Kalimantan terasa begitu nikmat banget, beda ama biasanya! Suasana jalanan yang lengang di luar, dengan pepohonan yang masih banyak dimana2, dan pembicaraan bapak-bapak mengenai pertambangan yang masih asing banget buat gue, bener2 gue nikmatin banget. Gue suka semua petualangan baru ini. Gue siap dan penasaran banget pengen tahu apa yang menunggu gue selanjutnya.

Akhirnya mobil site dateng. Kita transfer barang, termasuk semua belanjaan tadi. Salaman dan say thanks buat Mas Anto, dan kita lanjutkan perjalanan. Ternyata Mas Anto sama sekali ga bohong, buat bisa nyampe site kita harus melewati 2 jam jalan tanah. Jalan tanah yang bener2 tanah. Yang bikin udara mendadak jadi kabut debu kalo mobil lewat. Kiri kanan hutan. Gak ada tanda2 kehidupan. Sama sekali. Garis bawahi ya, SAMA SEKALI gak ada tanda kehidupan. Hutan! Murni hutan sawit semuanya! Sejauh mata memandang!
GILA. Kereeeeeeeen.
Truk-truk segede gaban yang ngangkutin kayu lewat silih berganti papasan dengan mobil kami. Itu truk kayu yang bener2 gede pemirsa!!! Kalo sampe aja ada satu kayu yang jatoh aja, mati udah gue !
Jalanan medannya bener2 gokil, meski gue di dalem mobil, pantat gue tetep lompat2 sendiri. Hahaha. Maklum, jalanan alami, masih banyak batu2annya.
2 jam bener-bener 2 jam gue lolompatan di mobil gara2 medan perang yang dahsyat ini. Sampe ga sadar, langit udah berubah jadi gelap. Dan kalian tau apa?? Gak ada lampu jalan. GELAP GULITA. Sumpah demi Allah. Kita cuma ngandalin lampu mobil doang. Bener2 sinting ini semua. Gue ga bisa berhenti mangap bahagia dah pokoknya! Hahaha

Dan pemandangan yang paling berkesan dalm hidup gue itu pun terlihat. Saat mobil melalui jalanan nanjak, si supir nyeletuk, "Nah itulah plant kita Mbak dewi. Welcome to Ensbury."
Dalam kegelapan malam, ditengah-tengah hutan, plant gue pun terlihat, cahaya lampu cuma berasal satu-satunya dari sana. I n d a h  b a n g e t s u m p a h. Kaya mall yang berada di tengah2 kota yang mati lampu.
Gue masih cengo sampe akhirnya mobil ngelewatin plant, dan gue baru nyadar.
"Lho mau kemana?? Koq plantnya dilewatin??" *panik takut diculik*
"Hahaha ya ke mess Mbak. Itu plantnya saja. Mbak emang mau kerja sekarang?"
"Lho messnya ga di dalem plant??"
"Ya ngga toh Mbak, ga boleh ada tempat tinggal di pertambangan. Mess kita 2 kilo dari sini."

Waw. Great. Apalagi? Apalagi hal awesome berikutnya???

Mobil memasuki daerah desa kecil. Yang rumahnya satu sama lain jauhnyaaaa minta ampun. Dan gelap. Setiap rumah paling cuma pake lampu petromaks buat di terasnya. Gila, rumah penduduk kalimantan. Gue terjun langsung tinggal di daerah kaya begini! Ethnic runaway banget dah! Selamat yak, wi !

"Kita sampe. Selamat datang di mess kita."

Kesan pertama gue liat dari luar : cozy.
Gimana ga cozy, halaman luaaaass dengan pohon2 di sekelilingnya, rumah dengan dinding terbuat dari kayu, dan terdengar suara orang2 bercengkarama dari dalam?
Tapi, pas gue memasuki mess itu, kesan gue langsung berubah. Jadi : Keren.
Gimana ga keren kalo gue langsung disambut sama ruang tamu yang ada TV segede gabannya alias home theatre?? Ruang tamu yang nembus langsung ke ruang makan. Meja makan besar bundar di pojok ruang makan, yang meski ga keliatan jelas menunya apa, tapi gue tau itu pasti enak2, meihat banyaaaknya macemnya. Geser dikit ada meja makan lagi tempat piring dan gelas, oh pasti ngambil piring dan gelasnya di situ. Lalu ada segala macam toples di sana, yang ternyata segala jenis kopi, susu berbagai rasa, teh, dll. Dan botol-botol selai berbagai rasa, roti tawar, dan entah cemilan2 apa lagi di situ. Wuaaahh gendut gila gue di sini mah.

Gue pun dianter ke kamar gue. Dalam perjalanan ke kamar gue, ada ruang tv lagi, dengan dvd player, sofa gede empuk, meja yang dibawahnya buat nyimpen dvd, ada treadmill juga, dan lalu Mbak Ruth yang nganterin gue jelasin klo tv nya indovision,, baiklah....UWOOW.
Gila. Jadi luarnya doang tradisionil rumah penduduk tapi ternyata dalemnya modern ??? Hanjjiiir bakal betah ini mah gue. Muehehe

Mantap bray.
Hari paling berkesan dalam hidup gue dah. 17 September 2012.

Sabar nunggu gimana cerita gue di borneo selanjutnya ya!
Jangan lewatkan!









No comments: