Sunday, August 26, 2012

Ngebolang Galeri Seni di Jakarta



Hari lumayan cerah di hari sabtu kemarin, gue memutuskan ngebolang Jakarta.
Tujuan awal gue, Galeri Nasional Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan kalo sempet Museum Gajah. Ya gue prioritasin buat datengin galeri dulu karena sbenernya gue tuh gatel banget pengen liat lukisan2 ! Sumpah deh!
Tapi ternyata keadaan busway pas gue transit di kampung melayu, kurang bersahabat. Rame boo. Semua orang pada mudik naik busway kayanya jaman sekarang. Karena di sekeliling gue banyak banget orang asing yg gue yakin bukan orang jakarta. Ada yang bawa ayam, nenek samping gue malah lagi nyirih, trus bapak2 deket gue iya sih hengponnya dakota, tapi ngomongnya Juawa tenan rek. Hahaha
Gue nyoba sabar2in diri dan asik2 aja dengan keadaan itu.
Apalagi sekarang gue punya sahabat baru di hp android gue, Peta :D
Yak sambil ngilangin bete gue kotak-katik lagi tuh google maps yang udah gue kotak-katik semaleman sebenernya. Berhubung ini gue bener2 pertama kalinya ngebolang ke museum, wajar dong gue berulang2 kali mastiin tuh lokasi dimana?
Gue turun dari busway di shelter senen. Menurut peta yang gue baca, gue harus ke gambir, karena lokasi Galeri Nasional di deket sono.
So gue ngelanjutin perjalanan nae  bus P7 Pulogadung-Grogol.
Sebel sebenernya setiap naik bus ini. Rasanya seperti tersedot ke masa lalu bersama ex. Huah.
Menghindari fikiran gue yang nginget2 masa lalu, akhirnya gue ngasikin diri buka2 peta lagi aja.
Sampe keasikan, dan gue malah kelewatan nyampe harmoni. Hiyyyah. Harusnya kan gue turun di gambir !
Mengutuki diri sendiri kenapa pake headset sehingga ga denger kenek neriakin gambir, gue pun turun.
Jiahh gimana dong iniiii, gue ga akan bisa balik ke gambir lagi, karena itu jalurnya kan satu arah, ga ada angkot balik dari sini ke sono lagi.

"Neng, ojek, neng?"

Huah masa harus naek ojek sih. Males nih. Doku woy doku.

Tukang Ojek : Mau kemana neng? Dianterin dah kemana aja neng mau.
Gue : Gratis yak?
Tukang Ojek : Kalo mau gratis, digendong aja ya? Klo nae motor kan pake bensin, masa gratis.
Gue : Yaudah gpp digendong juga. Deket ini koq.
Tukang Ojek : *ketawangakak* emang mao kemana sih? Monas??
Gue : Galeri Nasional, tau gak?
Tukang Ojek : Tauu, gambir situ kan? Ayo dah naek.
Gue : Berape?
Tukang Ojek : 15 dah
Gue : Ogah. Orang deket situ doang 15 bang. Kaga ada 5 menit kesitu.
Tukang Ojek : 10 rebu dah. Ini kan masih tarif liburan neng.
Gue : 7 rebu. Harga mati. *silangtangandidada*

Akhirnya dengan debat panjang dan si abangnya minta cium pipi segala dan gue ancem nanti anaknya di rumah bisulan, tuh abang ojek mau 7 rebu. Wakakak gue brhasil nawar setengah harga. Cihuy.

Sampe dengan selamat di Galeri Nasional. Cuma mencurigakan banget romannya tuh museum. SEPI banget gila.

Gue : Yah,, pak, tutup ya??
Para satpam : Iya tutup sayang. Kamu ngapain kesini ? -->pertanyaan macam apa ini
Gue : Ya mau masuk museum lah pak. Katanya buka tiap hari sampe jam 5.
Satpam : Ya tapi kan ini masih termasuk libur lebaran say haha
Gue : Dih, ga adil banget. Ini kan udah bukan tanggal merah!
Satpam : Ya tapi kan orang2nya masih pada mudik dong sayang haha
Gue : *jungkirbalikgondok*
Satpam : Emang mau ngapain sih?? Koq sendirian?? Darimana?
Gue : Dari jauh nih pak, tolong doong paak, kasi dispensasi sama saya buat boleh masuuuk, plis...
Satpam : Hahaha sini sini masuk, ngopi dulu sini *gubrak*

Dan walhasil gue beneran malah ngopi2 di sana dan berbincang2.
Niat gue buat lanjut ke 2 museum berikutnya langsung luntur karena kata mereka semua museum pasti sama pada tutup juga. Dan baru buka selasa nanti.
Gondok sih. Udah jauh2. cape2. niat pengen masuk museum, tapi malah tutup. Tapi gapapa lah,  hikmahnya dapet temen baru satpam museum dan kopi gratis plus bakpia oleh2 dari salah satu mereka hahaha.

Akhirnya gue mutusin buat banting stir aja ke pasaraya grande blok M.
Dulu gue langganan kesono. Bokap yang ngasih tau itu tempat, karena dulu gue suka banget gambar.
Di lantai 3 dan 4nya itu full jualan barang2 seni dan lukisan!

Huaaah surga gue dah pokoknya!


Senangnya gue bisa nyempetin diri nginjekin kaki kesono lagi.
Cape gue langsung hilang dah.
Fresh dan free banget rasanya bisa liat smua lukisan2 di sana yang bagus2.
Coba ada temen yang suka lukisan juga ya, pasti seru kalo bisa ada temen ngobrolin lukisannya.
Gue kan ga jadi segitu anehnya ngomong dan terkagum2 sendiri hehehe
Sayang itu kan mall,  jadi ga boleh difoto2, yaudah deh gue cuma bisa curi2 jepret klo pramuniaganya ga ada di sekitar gue. 
Dan agak sulit, karena pramuniaganya justru ramah2 dan ganteng2, jadi gue malah betah ditemenin hahaha






Gue pengeeeeen bannget ngelukis di atas kanvaaas...
Hope someday can be come true yah, guys :)

3 comments:

si ganteng said...

haha.. gondok banget tuh tutup :p..nice story sis :D

VISIT MY BLOG
http://seorangdayadex.blogspot.com/2012/08/galmis.html

Dewi Anty Tamana Putri said...

thank you :)
iya gondok banget, tp ga bikin kapok koq, besok pasti coba ksana lagi hehe

Unknown said...

Mbak, kalo lukisan di Pasaraya Grande kisaran harganya kira2 berapaan yah? Pengen kapan2 jalan2 ke sana kalo ke Jakarta.. Makasih sebelumnya ya.